Article

Scale-Out Storage: Kunci Meningkatkan Storage yang Hemat Biaya

by Apr 9, 2020 Article 0 comments

Organisasi besar dan kecil menghadapi tantangan manajemen data yang sama yaitu berkembangnya jumlah data yang mereka hasilkan terus tumbuh secara eksponensial. Bahkan, IDC memprediksi penambahan data di seluruh dunia akan tumbuh sangat besar hingga 175 zettabytes (ZB) pada tahun 2025.  Kira-kira sepuluh kali lipat jumlah data yang diproduksi pada 2017.

Banyak dari organisasi ini menghadapi rintangan besar ketika mereka berjuang untuk memenuhi persyaratan penyimpanan yang meningkat secara besar-besaran sambil tetap berada dalam anggaran yang terbatas. Sistem penyimpanan di tempat lama seringkali mahal untuk diperluas, dan biaya peningkatan mungkin juga mahal.

Saat itulah solusi scale-out storage layak dipertimbangkan. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan istilah ini, inilah definisi sederhana dari Tech Target : Scale-out storage adalah penyimpanan yang terpasang di jaringan (NAS) di mana jumlah ruang disk dapat diperluas dengan menambahkan lebih banyak drive ke cluster penyimpanan individual, dan di mana Anda dapat menambahkan lebih banyak cluster sesuai kebutuhan.

Mengapa mempertimbangkan scale-out storage? Enterprise Storage Guide mengatakan scale-out storage menawarkan model keuangan yang lebih sederhana. Dengan scale-out storage memungkinkan Anda membeli penyimpanan sesuai dengan yang Anda butuhkan, tanpa menimbulkan biaya modal yang besar di awal. Jadi, mari kita lihat beberapa alasan mengapa scale-out storage adalah pilihan yang baik, serta menjadi solusi yang sedang Anda cari.

Penyimpanan Cloud Tidaklah Sempurna

Masalah anggaran menjadikan penyimpanan cloud sebagai elemen penting dari banyak arsitektur IT karena menawarkan biaya yang lebih rendah dan skalabilitas yang mudah. Tetapi penting untuk disadari keterbatasan dan risiko keamanan cloud.

Survei Forbes baru-baru ini menemukan bahwa 60 persen organisasi tidak memahami model shared responsibility mengenai siapa yang mengamankan data dan beban kerja di cloud. Pelanggan mungkin memiliki rasa aman yang salah kepada penyedia cloud mereka, dan Forbes terus memprediksi bahwa cloud akan menjadi target serangan cyber yang lebih besar pada tahun 2020 . Baca perjanjian pengguna penyedia cloud Anda sendiri dan inilah yang kemungkinan akan Anda temukan: Pemilik data (yaitu Anda) bertanggung jawab atas kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran data, bahkan jika kegagalan keamanan adalah kesalahan pemegang data (yaitu penyedia layanan cloud Anda). Pada akhirnya, hal tersebut menjadi masalah Anda. Jadi untuk melindungi sepenuhnya data Anda, Anda membutuhkan lebih dari layanan cloud.

Scale-Out Storage adalah Jawabannya

Jadi, apa strategi terbaik untuk memenuhi permintaan penyimpanan Anda sambil memastikan data Anda dibackup, aman, dan mudah dipulihkan? Bagi banyak organisasi, solusi hybrid yang menggabungkan penyimpanan onsite dan cloud dengan backup memberikan penawaran dengan skalabilitas yang mereka butuhkan. Bagi yang lain, penyimpanan on-site dengan backup yang direplikasi ke server offsite yang aman mungkin cocok. Terlepas dari strategi yang Anda pilih, scale-out storage adalah elemen penting untuk dipertimbangkan jika Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat memenuhi persyaratan penyimpanan data masa depan Anda.

Scale-out Storage Seharusnya Berjalan Mulus

Carilah solusi scale-out storage yang menghilangkan biaya perbaikan berlebih dan upgrade. Solusi yang lebih canggih memberikan kemampuan untuk memperluas penyimpanan secara dinamis sambil meningkatkan storage secara bertahap. Dengan begitu Anda lebih fleksible untuk menambahkan drive tunggal pada suatu waktu atau bahkan beberapa node dalam sebuah cluster saat kebutuhan Anda berkembang. Dan pastikan Anda dapat menambahkan penyimpanan tanpa harus mengkonfigurasi ulang aplikasi manajemen data Anda, karena itu akan menghemat waktu tim IT.

Solusi Terpadu Menghilangkan Kompleksitas Operasional

Solusi yang menyatukan seluruh manajemen penyimpanan dan tumpukan perlindungan data ke dalam satu infrastruktur terintegrasi harus berada di daftar teratas Anda. Hal itu akan menyederhanakan operasional dan menghilangkan manajemen unit infrastruktur yang berbeda (dan sering membingungkan). Berikan diri Anda lebih banyak fleksibilitas dengan memilih solusi penyimpanan yang dapat mengakomodasi beban kerja primer dan sekunder.

Optimalkan Alur Kerja, Sederhanakan Manajemen Data

Pilihlah solusi scale-out storage yang menyediakan alur kerja manajemen tunggal dan terpadu untuk siklus hidup perlindungan data Anda, termasuk Backup and Disaster Recovery (BDR) yang terbaik. Solusi dengan “setting dan lupakan” berbasis SLA, perlindungan dan manajemen berbasis kebijakan akan membuatnya lebih mudah untuk memastikan bahwa semua data Anda dapat dipulihkan dalam Recovery Time Objectives (RTO) dan Recovery Point Objectives (RPO).

Mengambil pendekatan ini dapat menyederhanakan manajemen sambil memberi Anda visibilitas dan wawasan ke tingkat layanan. Hal Ini juga memberikan wawasan tentang status data yang disimpan dengan menggabungkan manajemen penyimpanan, backup lokal, replikasi onsite dan offsite, serta disaster recovery dalam satu platform.

Reduksi Data Meminimalkan Biaya Penyimpanan

Pastikan untuk menambahkan arsitektur scale-out storage yang mencakup teknologi reduksi data yang kuat, seperti deduplikasi inline dan kompresi data, ke daftar fitur storage yang harus Anda miliki. Teknologi ini memberikan rasio reduksi data yang tinggi — sebanyak 5: 1 — yang dapat dengan cepat mengurangi biaya penyimpanan dan biaya operasional Anda.

Jadikan Backup dan Disaster Recovery sebagai Komponen Utama

Sebuah studi oleh perusahaan cybersecurity Malwarebytes menemukan bahwa satu dari lima bisnis kecil tutup setelah terkena serangan ransomware, jadi penting untuk memilih solusi yang dapat mengatasinya. Carilah solusi yang menawarkan perlindungan data berkelanjutan , dan buat backup online dari masing-masing file sebelumnya — atau seluruh set data Anda — mudah dan tersedia dalam hitungan detik dari space-optimized snapshots.

Solusi StorageCraft Converged scale-out storage, yaitu OneXafe, menawarkan kinerja terbaik di kelasnya yang memenuhi semua kriteria di atas, menambahkan tingkat keamanan baru dan pemulihan untuk arsitektur data Anda. Jika Anda ingin tahu bagaimana perbandingan TCO OneXafe dengan solusi lain, dapatkan analisis TCO di sini.

Artikel ini bersumber dari StorageCraft blog


Share this post:

0 Comments