Article

Netgear Orbi WiFi 6 AX6000, Solusi Mesh WiFi yang Anda Butuhkan

by Jun 17, 2020 Article 0 comments

Anda mungkin tidak menyadari betapa pentingnya WiFi tanpa masalah sebelum masa karantina. Untungnya sekarang ada Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 yang hadir untuk penulis dan keluarganya.

27 Mei 2020 | Penulis: Jonathan Ho

Kita berada di masa dimana banyak orang telah mengadopsi teknologi smart home, dengan 71% konsumen Intel berharap agar setidaknya ada satu perangkat smart home di setiap rumah tangga pada tahun 2025, dan 68% berharap di dekade mendatang smart home akan menjadi suatu hal yang umum seperti yang terjadi pada smartphone saat ini. Mempertimbangkan hal itu, maka WiFi dan Netgear Orbi akan menjadi sangat penting untung menciptakan konektivitas internet yang mulus.

Menurut sebuah studi tahun 2019, perangkat pintar seperti tablet dan smartphone mencapai tingkat penetrasi 78% di Singapura. Negara ini sering digambarkan sebagai negara yang paling terhubung secara digital di dunia dan sering dianggap sebagai penentu arah untuk penggunaan dan keterlibatan perangkat yang terkomputerisasi. Ketika pandemi coronavirus melanda dan kota-kota di dunia memasuki berbagai tingkat isolasi sosial dan karantina sendiri, Singapura secara alami siap memasuki fase Work-From-Home (WFH) dan Home-Based-Learning (HBL) dengan hanya pemberitahuan singkat.

Seiring dengan peningkatan infrastruktur digital seperti jaringan 4G dan fibre optic, Singapura memiliki salah satu tingkat penetrasi Internet tertinggi di dunia – 84% dibandingkan dengan rata-rata regional 63%. Secara global, Singapura berada di peringkat pertama dalam hal kecepatan internet pada 190,94 Mbps dan ketika lockdown terjadi, “system administrator” di rumah (biasanya ayah) menjadi orang yang diandalkan untuk memperbaiki kecepatan internet yang bermasalah. Di zaman modern ini, WiFi telah menjadi kebutuhan pokok, sehingga kami tidak ingin WiFi bermasalah ketika semua orang terjebak di rumah. Untung ada Netgear Orbi WiFi 6 AX6000.

Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 adalah solusi WiFi mesh yang Anda butuhkan sepanjang masa (bukan hanya pada saat lockdown)

Saya memiliki dua Netflix yang diaktifkan pada smart TV untuk empat anggota keluarga, masing-masing memiliki perangkat pintar (laptop, tablet, dan telepon). Biasanya ada tiga aliran berkecepatan tinggi berjalan secara bersamaan, dan itu tidak termasuk browsing internet sambil memutar film berkualitas HD.

Menurut Netflix, kecepatan koneksi broadband minimum yang disarankan adalah 1,5 Megabits per detik; untuk mengagumi tubuh Chloe Veitch yang lentur (di Too Hot to Handle) atau kapten Amerika Chris Evan yang terpahat dalam kualitas definisi sangat tinggi, Anda perlu 25 Megabit per detik. Setelah istri memutar K-drama, anak menonton kartun, dan suami menonton film Last Dance, akan ada 2 “bottleneck” – kecepatan broadband fibre Anda atau jaringan WiFi Anda. Dengan Netgear Orbi WiFi 6 AX6000, konektivitas WiFi di rumah Anda tidak akan menjadi masalah lagi.

LUXUO menguji Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 selama tiga minggu selama periode lockdown dan menemukan bahwa ia menerima sangat sedikit keluhan, seperti. “Mengapa internet lambat?” atau “Ayah, aku tidak punya WiFi di kamar mandi”. Dia juga bisa Bekerja-Dari-Rumah dengan gangguan yang sangat minimal.

Bersiap untuk Masa Depan: Netgear Orbi WiFi 6

Sistem Tri-band Mesh WiFi 6 dengan bangga mencantumkan “WiFi Smart-Home terbaik” di kotaknya, dengan kecepatan hingga 6 Gbps, ini benar-benar sangat menantang untuk dicoba. Akhirnya, LUXUO menempatkan Orbi Tri-band Mesh Sistem WiFi 6: Satu di ruang tamu, satu lagi di ruang belajar yang memisahkan kamar anak-anak dan kamar tidur utama dan satu lagi di lorong – dimana saya harap akan dapat memancarkan sinyal ke kamar mandi umum dan utama.

Lockdown berarti semua sudut rumah akan menjadi tempat Anda beraktifitas, untuk makan, tidur, bekerja, hiburan, dsb.  Sejujurnya, rumah saya tumbuh di era ketika asisten pintar seperti Alexa dihubungkan ke smart lights, robot vacuums, dan smart kitchen, dimana masing-masing membutuhkan bandwidth sendiri: WiFi 6 pada Orbi mendukung hingga 100 perangkat yang terhubung dan ketika semua orang berada di rumah sepanjang hari, berjam-jam, kombinasi dari 4 orang, seringkali pada 2 perangkat (kombinasi iPad, TV atau telepon atau laptop), yang berarti bahwa manajemen data menjadi sangat penting; Di sinilah Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 membuktikan bahwa ia siap untuk menghadapi kebutuhan di masa depan.

Apa itu WiFi 6?

Dikenal juga sebagai “AX WiFi”, Wi-Fi 6 adalah standar generasi berikutnya dalam teknologi WiFi, yang dibangun di atas standar WiFi 802.11ac dalam rangka menanggapi peningkatan jumlah perangkat yang ada di dunia. Ingat bagaimana dulu di kamar tidur hanya ada satu colokan listrik dan sekarang ada 3 colokan dan port ethernet untuk koneksi LAN? Memang benar, bahwa jika Anda tidak membeli smartphone terbaru, ada peluang bahwa smartphone dan perangkat tablet pra-2019 Anda belum siap untuk WiFi 6. Tetapi itu tidak berarti bahwa rumah tangga tidak mendapat manfaat dari keunggulan dari manajemen bandwidth WiFi 6. Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 mendistribusikan bandwidth secara cerdas dengan menyesuaikan sesuai permintaan – ini berarti “system administrator” di rumah (yang biasanya adalah ayah malang) tidak lagi harus mencari cara untuk membatasi atau memprioritaskan bandwidth untuk torrents atau game.

Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 vs Google Nest WiFi

Dari segi brand recognition, sulit untuk mengalahkan mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia.

Meskipun keduanya menawarkan sistem yang mudah digunakan dan dapat diatur dari aplikasi sederhana, Google Nest WiFi bersaing melawan Netgear Orbi tanpa WiFi 6. Google Nest, memiliki band 4 × 4 5GHz dan 2 × 2 2GHz, tanpa adanya band backhaul tambahan. Sedangkan Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 memiliki band 4 × 4 5GHz dan 4 × 4 2GHz dengan backhaul tambahan 5GHz.

Apakah backhaul band adalah hal yang penting?

IYA. Secara gamblangnya, ini adalah band yang dirancang khusus untuk mentransmisikan data antar unit dengan tidak menginterfensi jaringan WiFi yang biasa digunakan untuk sambungan ke perangkat yang terhubung. Memang benar bahwa biasanya pengiriman data antar unit ini tidak signifikan, NAMUN sangat membantu. Menghasilkan kecepatan yang unggul dan juga stabilitas koneksi serta jangkauan yang lebih besar di sekitar rumah, yang intinya kecepatan internet menjadi lebih cepat.

Sistem WiFi mesh mana yang memberikan nilai lebih baik?

Diciptakan dengan CPU Quad-core, 2.2GHz dan 1GB RAM, jika spesifikasi ini terdengar tidak asing, itu karena inti dari Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 menyerupai laptop. Banyak daya komputer dimaksudkan sebagai sistem yang dirancang untuk mengirimkan sinyal WiFi di seluruh rumah. Dibandingkan dengan Google Nest WiFi, CPU Quad-core 1.4GHz dengan RAM 1GB, Netgear lebih unggul.

Dari segi peringkat kecepatan dan harga menunjukkan bahwa AX6000 Netgear Orbi adalah hardware yang lebih unggul daripada Nest Wifi, tetapi seperti apa penggunaannya di dunia nyata? Setelah 3 minggu, LUXUO dapat mendeklarasikan Netgear sebagai pemenangnya. Di sebuah apartemen 4 kamar kecil dengan dinding beton, diperkuat baja, dan tahan bom, sistem Netgear Orbi AX6000 mampu mencapai kecepatan mendekati maksimum di setiap kamar yang saya uji dengan melakukan streaming video HD dari iPad Pro. Kecepatan unduh rata-rata dari Google Nest WiFi menurun saat Anda bergerak menjauh dari router yang berada di ruang tamu. Walaupun sinyal tidak pernah turun, Anda dapat melihat Netflix secara nyata beralih dari resolusi yang lebih tinggi ke resolusi yang lebih rendah ketika saya menyeberang ke sudut rumah (misalnya saat ke kamar mandi), karena alasan yang tidak saya ketahui (mungkin pipa berisi air di dinding yang basah) tidak menerima penerimaan WiFi yang baik.

Netgear Orbi menghadirkan 300Mbps yang sempurna di sebelah router yang ada di ruang tamu dan sekitar 285Mbps di semua ruangan lain yang ada di rumah. Titik terlemahnya ada di bak mandi sambil berendam di genangan air di mana kecepatan turun hingga 275 mbps – penurunan yang dapat diabaikan terutama ketika Nest memberi saya rata-rata 230 mbps di luar ruang tamu.

Penampakan Netgear Orbi WiFi 6 (dan kemudahan penggunaannya)

Saya harus akui, desain Netgear Orbi WiFi 6 dinilai relatif, beberapa lebih suka bentuk Google Nest, dan beberapa orang lainnya menyukai bentuk Netgear Orbi yang seperti humidifier. Tapi percayalah, jika berhubungan dengan teknologi, yang kamu inginkan lebih ke alat yang bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Ketika barang ini dikirim ke saya, pemasangannya sangat sederhana. Saya cukup mencabut kabel yang ada di modem dan menghubungkannya ke port WAN 2.5GB. Kehadiran empat jack Gigabit Ethernet juga berarti bahwa Anda dapat “merangkai” satelit ke router dengan koneksi kabel untuk kecepatan lebih cepat. Cocok untuk Anda yang tinggal di mansion. Sementara, Google Nest jelas dirancang dengan mempertimbangkan tipe apartemen Silicon Valley sehingga tidak ada opsi untuk berbagi jack Ethernet.

Seperti banyak pengaturan WiFi mesh modern, sistem Orbi 6 dapat diatur dan dikelola sepenuhnya menggunakan aplikasi Android dan iOS. Router ini juga dapat dikelola melalui alamat IP yang dimasukkan pada web browser pada perangkat yang sudah terhubung.

Pada akhirnya, Netgear Orbi WiFi 6 AX6000 memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari Google Nest, namun Anda benar-benar mendapatkan apa yang Anda bayar. Bukan hanya memiliki backhaul tambahan 5 GHz dan WiFi 6, Anda juga membayar sebuah teknologi yang berguna di masa depan. Ketika orang lain membeli perangkat jaringan baru, Anda masih dapat menggunakan Netgear selama dua tahun ke depan, sehingga Anda mendapatkan uang Anda kembali karena tidak perlu melakukan upgrade.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur ini atau solusi IT lainnya untuk kebutuhan perangkat jaringan WiFi, Anda dapat menghubungi kami di: (+62 21) 569 43 644 / WA. +62 21 56943644 / support@igsolusi.com.

Artikel ini disadur dari: https://www.luxuo.com/lifestyle/gadgets/netgear-orbi-wifi-6-ax6000-is-the-no-brainer-wifi-mesh-solution-you-need.html


Share this post:

0 Comments