AUTHORIZED DISTRIBUTOR NETGEAR, SYNOLOGY, VOLKTEK
logo-white

WiFi vs Ethernet: Mana yang Pas untuk Anda? 

WiFi adalah teknologi jaringan yang memungkinkan perangkat seluler/laptop terhubung ke internet secara nirkabel (wireless). WiFi menggunakan frekuensi radio (RF) untuk memfasilitasi komunikasi satu sama lain secara nirkabel. Koneksi ini memiliki standar 802.11a/b/g/n/ac/ax di mana masing-masing memiliki standar dan kelebihan yang berbeda untuk mengirimkan data.   

Sedangkan Ethernet adalah teknologi jaringan untuk menghubungkan perangkat bersama di dalam jaringan area lokal (LAN) dengan menggunakan kabel. Kita hanya memerlukan kabel ethernet yang terhubung ke adapter dan Hub. Jaringan LAN dapat menghubungkan dua komputer satu sama lain hingga ribuan komputer. 

Ethernet dapat menghubungkan perangkat, seperti laptop dan printer di dalam rumah, gedung, dan bahkan lingkungan kecil. 

Ethernet dan WiFi memiliki beberapa perbedaan yang dapat menjadi faktor penentu keputusan Anda. Beberapa orang lebih menyukai kecepatan. Ada juga yang lebih memilih keandalan. Ada juga orang yang menganggap keamanan itu penting dan ada juga orang-orang yang selalu memilih teknologi terbaru. Oleh karena itu, berikut kami sajikan perbedaan utama antara Ethernet dan WiFi yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih diantara keduanya: 

  1. Kecepatan 

WiFi telah mengalami perkembangan teknologi dari tahun ke tahun. Standar WiFi 5 (802.11 AC) menawarkan kecepatan sampai 3.5 Gbps, sedangkan WiFi 6 (802.11 AX) menawarkan kecepatan sampai 9.6 Gbps. Angka ini cukup cepat dan dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan internet kita sehari-hari. 

Bagaimana dengan kecepatan kabel Ethernet? Ada beberapa jenis kabel Ethernet yaitu cat-5, cat-5e, cat-6 kabel, dll. Secara teoritis, koneksi Ethernet kabel dapat menawarkan hingga 10 Gbps jika Anda menggunakan kabel cat-6. Sedangkan, kabel cat-5e yang paling umum mendukung hingga 1 Gbps.  

Jadi, jika Anda sudah menggunakan kabel cat-6, Anda bisa mendapatkan kecepatan Ethernet yang lebih tinggi daripada WiFi. Sedangkan jika Anda menggunakan kabel cat-5e, memang kecepatannya tidak secepat WiFi, namun Anda bisa mendapatkan kecepatan yang lebih konsisten. 

Kemudian, Jika Anda menggunakan beberapa perangkat, seperti NAS server atau dua komputer di rumah Anda, menggunakan Ethernet jelas akan lebih cepat daripada menggunakan WiFi. 

  1. Keandalan 

WiFi memiliki kekurangan dari segi keandalan karena sejumlah hal dapat memengaruhi sinyal nirkabel, mulai dari perangkat nirkabel lain, gangguan sinyal radio, hingga benda dan dinding fisik. Gangguan ini dapat menyebabkan sinyal yang melemah, latensi yang lebih tinggi, dan kecepatan menjadi lebih lambat.  

Anda dapat meminimalkan kendala ini dengan memastikan router Anda ditempatkan pada posisi optimal di rumah Anda. Namun sayangnya Anda mungkin akan tetap tidak dapat mencapai tingkat kinerja se-stabil yang Anda dapatkan dari Ethernet. 

  1. Keamanan 

Saat membandingkan Ethernet vs WiFi, keamanan adalah faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan. Data pada jaringan Ethernet hanya bisa diakses oleh perangkat yang secara fisik terhubung ke jaringan. Perangkat ini, termasuk laptop di satu ujung dan router di ujung lainnya, memerlukan firewall untuk melindunginya, namun tetap ada cara data itu sendiri dapat disadap di jaringan. 

Sedangkan WiFi, data ada di udara. Jika Anda menggunakan jaringan terbuka (seperti di tempat umum) maka semua data yang Anda kirim dan terima dapat dicegat, termasuk informasi pribadi seperti password dan detail login. Dengan kata lain, lebih mudah untuk meretas ke jaringan WiFi daripada mendapatkan akses fisik ke kabel Ethernet fisik. 

Saat ini, sebagian besar jaringan WiFi bisa diamankan, jadi data Anda akan dienkripsi. Tapi kekuatan enkripsi tergantung pada metode keamanan yang kamu gunakan. Sebagian besar router WiFi menawarkan berbagai metode keamanan. WEP adalah yang paling tidak aman, sedangkan WPA2-PSK adalah yang opsi paling aman. 

Untuk menambah tingkat keamanan, Anda harus mengubah username dan password default dari admin router WiFi karena pengaturan default dapat dengan mudah dibobol dan bisa memberikan akses seseorang ke jaringan Anda tanpa disadari. 

  1. Mobilitas 

WiFi memungkinkan penggunanya untuk mengakses data saat mereka bergerak sehingga bisa mendukung peningkatan produktivitas yang besar. WiFi sangat cocok untuk orang-orang yang terus bergerak dan yang ingin mengakses internet dari berbagai lokasi sekaligus.   

WiFi juga memungkinkan perangkat mobile terhubung dengan praktis. 

  1. Latency 

Kecepatan dan kualitas koneksi bukan hanya tentang bandwidth. Latensi juga merupakan faktor besar. Latensi adalah penundaan waktu yang dibutuhkan lalu lintas untuk berpindah dari perangkat ke tujuannya. Latensi sering juga disebut sebagai “ping” di jaringan dan dunia game online. 

Jika Anda suka bermain game online dan membutuhkan waktu reaksi secepat mungkin, akan lebih baik jika Anda menggunakan koneksi Ethernet kabel. 

Namun, jika Anda hanya streaming video, mendengarkan musik, atau browsing, latensi bukan menjadi masalah yang terlalu besar untuk Anda. 

Kesimpulan: 

Dengan berbagai faktor pertimbangan di atas, Anda dapat memilih salah satunya yang sesuai dengan aktivitas Anda. 

Untuk penggunaan sehari-hari, WiFi bisa dijadikan pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda punya banyak perangkat mobile yang terhubung dengan WiFi. 

Jika Anda lebih sering bermain game, download atau streaming film menggunakan PC desktop, Ethernet adalah pilihan yang tepat karena bisa memberikan kecepatan internet yang lebih konsisten dan stabil. Apalagi jika Anda sering melakukan aktivitas upload dan download. 

Untuk perusahaan, Andabisa mengkombinasikan koneksi Ethernet untuk perangkat statis seperti komputer dan server. Dan menggunakan koneksi WiFi untuk mengakomodir perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet. 

Saat ini, NETGEAR telah menyediakan router WiFi dan Mesh WiFi system yang juga memiliki port kabel Ethernet, sehingga Anda dapat memanfaatkan kedua jenis jaringan tersebut.  

Subscribe Newsletter Kami

Subscribe Newsletter kami untuk mengetahui promo, diskon, update produk terbaru,
serta tips dan trik seputar dunia IT.
Share post ini ke teman
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
💬 Butuh bantuan?
Hi, Ada yang bisa kami bantu?