Product
Review

Ulasan Synology DiskStation DS1019 +: Satu-satunya Server Rumah yang Anda Butuhkan

by Feb 4, 2020 Product Review 0 comments

DS1019 + memiliki hampir semua yang Anda cari untuk sebuah tempat penyimpanan yang terhubung ke jaringan (NAS).

Memiliki server media di rumah Anda sendiri akan sangat berguna untuk menjadi tempat pencadangan data/backup untuk seluruh perangkat di rumah Anda, serta untuk mengalirkan konten ke seluruh perangkat yang ada di dalam jaringan rumah Anda. Sebagian besar NAS enclosure kini menawarkan seperangkat fungsi lain, yang mencakup mail server, private cloud storage, dan bahkan server VPN yang bisa di custom.

Synology telah membuat produk unggulan selama hampir dua dekade terakhir, dan melayani kebutuhan pengguna rumahan serta kantor kecil. DiskStation DS1019+ menawarkan beragam fitur untuk pengguna yang kuat. NAS ini sangat menarik karena menawarkan dual transkode 4K H.265, dan menjadikannya NAS yang ideal untuk streaming konten 4K di jaringan rumah Anda. NAS ini juga memiliki dua slot NVME M.2 SSD untuk caching yang cepat, 8GB RAM built-in, dan software yang sangat serbaguna. Semuanya ini membuktikan bahwa DS1019+ ini merupakan NAS terbaik yang dapat Anda temukan untuk kategori ini.

Singkatnya, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa DS1019+ adalah NAS yang fantastis dengan semua yang ada di dalamnya.

DiskStation DS1019 + Desain dan Fitur

Sumber: Harish Jonnalagadda/Android Central

DS1019 + adalah Network-Attached Storage (NAS) lima-bay yang didukung oleh quad-core 1.5GHz Intel Celeron J3455 chipset dan 8GB DDR3L RAM. Anda dapat memasukkan hard drive 16TB di setiap ruang, memungkinkan penyimpanan asli hingga 80TB dan 80TB lainnya dengan menambahkan unit expansion DX517 dari Synology.

Dari sudut pandang desain, DS1019 + terlihat identik dengan produk Synology terbaru lainnya. Bagian luarnya terbuat dari plastik, dan bagian depan didominasi oleh lima ruang drive yang dapat dikunci secara individual menggunakan kunci yang dibundel. Setiap ruang memiliki drive caddy yang memudahkan Anda memasang HDD tanpa sekrup. Mekanisme pemasangan drivenya pun sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah memasang drive di tempatnya, pasang bilah penahannya, dan geser drive tray ke dalam NAS untuk menutup.

Anda akan menemukan indikator status LED di sebelah kanan, dengan indikator status yang tergabung dengan LED untuk setiap drivenya. Tombol daya terletak di bagian bawah, dan Anda juga akan mendapatkan port USB 3.1 Gen 1 yang memungkinkan Anda menghubungkan drive eksternal ke NAS.

Sumber: Harish Jonnalagadda/Android Central

Pada bagian belakang, DS1019 + memiliki dua kipas 120mm yang berjalan pada 1900RPM yang relatif tenang di bawah 25dB. Anda dapat menyesuaikan kecepatan kipas pada software pengaturan. Ketika idle, hanya membutuhkan daya 10W dengan 1 HDD, dan bahkan dengan lima drive, tidak akan melebihi 40W – membuat DS1019+ merupakan pilihan yang bagus untuk digunakan sebagai server di kantor kecil Anda.

Di bawah kipas, Anda akan menemukan dua port Ethernet Gigabit yang dapat dihubungkan, untuk dijalankan dalam mode Link Aggregation. Ada juga port USB 3.0 kedua dan port eSATA, dan meskipun tidak banyak digunakan lagi, ini memungkinkan Anda menghubungkan unit ekspansi DX517 Synology jika Anda ingin membesar kapasitas penyimpanan NAS.

Di bagian bawah, NAS memiliki empat kaki karet yang melakukan pekerjaan besar untuk meminimalkan getaran dari drive yang berputar, dan ada dua slot untuk M.2 SSD. Dalam hal ini, SSD tidak digunakan untuk penyimpanan, tetapi untuk caching yang lebih cepat. Anda juga akan menemukan dua slot SO-DIMM yang tersimpan di sudut kanan dalam enklosur, dan DS1019+ dilengkapi dengan dua modul 4GB RAM DDR3L yang terpasang di luar kotak. Namun, Anda tidak akan dapat meningkatkan memori melebihi 8GB.

Anda akan menemukan adaptor daya 120W bersama dengan dua kabel Ethernet Cat5e yang termasuk dalam paket. Secara keseluruhan, model DS1019+ yang ditawarkan Synology dibuat sesuai dengan keinginan penggemarnya selama dua tahun terakhir. Saya ingin melihat port HDMI di bagian belakang serta konektivitas Ethernet 10Gbps, tetapi kemungkinan hal ini baru akan diwujudkan di produk yang berikutnya.

DiskStation DS1019+ Software Overview

Sumber: Harish Jonnalagadda/Android Central

Hardware hanyalah salah satu bagian dari cerita dengan NAS Synology; yang benar-benar memungkinkan merek ini menonjol di segmen ini selama dekade terakhir adalah softwarenya. Sistem operasi DiskStation Manager (DSM) berbasis web, terus menjadi yang terbaik di industry ini, dan dengan dirilisnya DSM 6.2 terbaru, mereka telah menghadirkan sejumlah fitur baru.

Pertama, catatan tentang instalasi. Menyiapkan DS1019 + hanya membutuhkan waktu 10 menit, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah memasang hard drive, pasang port Ethernet ke router Anda, sambungkan NAS ke sumber daya, dan tekan tombol daya. Kemudian navigasikan ke find.synology.com dari browser, dan asisten web Synology akan mencari NAS di jaringan rumah Anda dan menginstal DSM. Anda dapat mengatur akun admin dan kata sandi untuk mengakses DSM, dan juga mengkonfigurasi akses jarak jauh yang memungkinkan Anda mengakses NAS dari mana saja.

Sumber: Harish Jonnalagadda/Android Central

Setelah mengatur DSM, Anda dapat masuk ke tampilan interface berbasis web yang dapat Anda akses dari browser apa pun. Karena DS1019+ diperuntukkan bagi penggemar IT dan bisnis kecil, Anda akan mendapatkan sebagian besar paket yang ditawarkan Synology di bagian depan perangkat lunak, termasuk server Active Directory, antivirus, VPN, mail server, note-taking, solusi hosting cloud pribadi, dan masih banyak lagi.

“DiskStation Manager adalah sistem operasi terbaik untuk NAS, dan terus menjadi lebih baik seiring perkembangan waktu.”

Bahkan ada kemampuan untuk menjalankan layanan virtualisasi di Docker, Anda dapat meng-host berbagai mesin virtual langsung di NAS. Anda dapat melihat dan menginstal paket yang tersedia untuk NAS melalui Package Center. File Station memungkinkan Anda mengatur hierarki folder dan mengaktifkan file sharing di mesin Windows dan macOS di jaringan rumah Anda. Control Panel menawarkan daftar lengkap pengaturan konfigurasi yang memungkinkan Anda menyesuaikan NAS dengan kebutuhan Anda, dan utilitas seperti Storage Manager memungkinkan Anda menetapkan volume baru.

Saya pribadi menggunakan NAS untuk mengalirkan media ke perangkat di seluruh rumah saya atau saat bepergian. Synology Audio Station dan Video Station bekerja sangat baik untuk streaming audio dan video, dan juga memiliki versi mobile – DS Audio dan DS Video – yang bisa diakses dari Android dan iOS yang memungkinkan Anda streaming musik dan film di perangkat seluler. Audio Station sangat bagus untuk Anda yang seperti saya, memiliki banyak koleksi file audio yang ingin Anda streaming saat bepergian. Untuk perangkat lain di jaringan rumah saya, saya hanya mengandalkan DLNA untuk streaming multimedia.

Synology telah melakukan pengembangan DSM yang luar biasa dengan kemudahan penggunaan. Jika Anda menggunakan NAS untuk pertama kalinya, ada berbagai petunjuk berguna di seluruh interface (antarmuka) yang memandu Anda dalam menggunakan sebagian besar fitur yang ditawarkan. Inilah yang memberi Synology keunggulan di segmen penyimpanan, dan saat ini, DSM adalah OS NAS yang terbaik.

Performa DiskStation DS1019+

Sumber: Harish Jonnalagadda/Android Central

Yang membuat DS1019+ adalah mesin akselerasi hardware transkodingnya yang menawarkan transkode ganda 4K H.264 / H.265 dengan cepat. Ini adalah hal yang penting, karena dapat memfasilitasi pemutaran 4K pada perangkat yang tidak memiliki codec yang diperlukan.

Hardware yang ditawarkan dalam bentuk quad-core 1.5GHz Intel Celeron J3455 dan 8GB RAM menjadikan DS1019+ pembangkit tenaga listrik sejati dalam kategori ini. Jika Anda ingin menggunakan NAS di lingkungan kantor, dua slot NVME M.2 membuat perbedaan besar untuk kinerja IOPS.

“Kemampuan untuk mentranskode dua aliran 4K secara bersamaan membuat DS1019+ menjadi pilihan yang sempurna.”

Saya menggunakan DS1019+ dengan dua drive Seagate IronWolf Pro 7200RPM 14TB dan menjalankan NAS melalui berbagai skenario penggunaan selama sebulan. Saya secara rutin mentransfer ribuan file kecil ke NAS dari mesin Windows utama saya (keduanya terhubung melalui switch jaringan) dan mengalirkan konten 4K pada beberapa perangkat sekaligus. Saya rata-rata menulis 112MB/s dan membaca 110MB/s setiap saat, dan bahkan dengan beberapa tugas berjalan sekaligus, DS1019+ berhasil melakukannya dengan baik.

DiskStation DS1019+, Apakah Worthed untuk Dibeli?

Sumber: Harish Jonnalagadda/Android Central

DS1019+ memiliki semua yang Anda perlukan untuk server media rumah. 5 drive baynya dapat digunakan untuk penyimpanan hingga 80TB, dan jika Anda membutuhkan lebih banyak, Anda tinggal membeli Synology expansion unit DX517 untuk mendapatkan 80TB tambahan. Hardware yang tangguh yang ditawarkan memungkinkan Anda melakukan streaming konten 4K di hampir setiap perangkat tanpa membuat NAS kelelahan, dan software didalamnya yang dapat dikembangkan menjadikan NAS ini adalah pilihan yang ideal untuk bisnis kecil.

Saya telah menggunakan NAS sebagai server media rumah selama lebih dari tujuh tahun sampai sekarang. Flashback ke tahun 2014, saya mulai dengan model yang lebih tua dan beralih ke DS414+ dan itupun masih kuat sampai sekarang. NAS lainnya yang sedang saya gunakan adalah DS918+ yang lebih baru, yang telah bekerja keras bersama saya selama 12 bulan terakhir, dan dengan DS1019+ sekarang bergabung dalam kelompok. DS1019+ tidak hanya memiliki satu ruang drive lebih dari DS918+, tetapi juga memiliki memori dua kali lipat pada 8GB, yang membuat perbedaannya menjadi cukup besar.

Saya sangat menyukai DS414+ karena telah dapat beroperasi 24/7 selama lebih dari lima tahun tanpa satupun masalah . Dan lebih dari segalanya, itulah alasan mengapa Anda rela membayar premium untuk NAS Synology. Tentunya, Anda memang bisa mendapatkan opsi yang lebih terjangkau dari vendor lain atau membangun mesin Anda sendiri dan menggunakan FreeNAS, tetapi kehandalan Synology yang kuat, dan dikombinasikan dengan fleksibilitas dari DiskStation Manager, sangat sesuai dengan konteks Premium. Tentu saja, NAS adalah investasi yang besar, tetapi akan terbayar seiring dengan waktu.

Jika menurut Anda, harganya terlalu tinggi, dan itupun belum termasuk biaya hard drive, maka Anda perlu mempertimbangkan bahwa Synology DS1019+ akan berjalan selama beberapa tahun tanpa mogok, dan banyaknya fitur berguna yang ditawarkan menjadikan ini NAS terbaik untuk rumah Anda dan bisnis kecil Anda yang sedang berkembang.

Source: Harish Jonnalagadda, Android Central, 15 November 2019

https://www.androidcentral.com/synology-diskstation-ds1019-plus-review

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini, dapat dilihat pada link asli produk: klik disini

atau hubungi kami di: (+62 21) 569 43 644 / WA. +62 21 56943644 / support@igsolusi.com.


Share this post:

0 Comments