Article

Tips Meningkatkan Konektivitas WiFi Saat Bekerja Dari Rumah

by May 15, 2020 Article 0 comments

Pada situasi pandemic saat ini, mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi dengan bekerja dan belajar dari rumah. Menentukan waktu khusus untuk bekerja, memilih ruang kerja/ruang belajar yang kondusif, serta menggunakan perangkat jaringan dan WiFi dapat memaksimalkan produktivitas kita. Meskipun jaringan Anda tampak baik-baik saja, mungkin ada waktu-waktu tertentu di mana kinerja WiFi Anda menjadi kurang baik, mengakibatkan panggilan konferensi video yang lambat, koneksi terputus saat mengunduh file penting, atau waktu loading yang lama saat mengakses tugas sekolah. Jika Anda mengalami masalah konektivitas WiFi, kemungkinan besar bahwa pelakunya adalah situasi lingkungan rumah Anda atau perangkat yang Anda gunakan.
Objek seperti dinding, pipa, dan kabel dapat mempengaruhi dan melemahkan sinyal WiFi Anda. Selain itu, ada beberapa penyebab gangguan WiFi yang mungkin belum Anda ketahui seperti akuarium, cermin, dan bahkan peralatan rumah tangga. Joseph Emmanuel, Netgear VP bagian Wireless Engineering mengungkapkan bahwa, “penyebab utamanya adalah oven microwave.” Sementara penggunaannya rata-rata memerlukan waktu kurang dari 30 menit per hari di sebuah rumah tangga, saat digunakan, “ia dapat memblokir hampir semua band 2,4 GHz, sehingga perangkat apa pun tidak akan bisa melewatinya untuk bisa mendapatnya traffic signal.”

Tips 1 Penempatan Router

Jika memungkinkan, letakkan router Anda di pusat rumah Anda. Dengan begitu, sinyal WiFi Anda dapat menyebar secara merata. Kebanyakan yang terjadi adalah jika tidak mengubah rute kabel, maka penempatan router hanya terbatas dimana modem ditempatkan. Terlepas dari di mana lokasinya, jangan letakan router Anda di lantai, tersembunyi di bawah tempat tidur, atau bahkan di dalam lemari. Jika memungkinkan, letakkan router Anda di posisi yang lebih tinggi seperti di atas meja, rak, atau lemari. Hal ini dapat membantu pendistribusian sinyal lebih baik dan menghilangkan kemungkinan sinyal untuk melewati objek yang tidak perlu.

Tips 2: Maksimalkan penggunaan frequency bands WiFi Anda

Jika Anda memiliki router dual band, jaringan WiFi Anda akan dibagi dua pita frekuensi – 2,4 GHz dan 5 Ghz. Dengan memiliki dua band, Anda dapat mengoptimalkan jaringan Anda dengan lebih baik dengan menetapkan perangkat tertentu ke band yang berbeda. Perbedaan utama antara kedua frekuensi adalah jangkauan sinyal dan kecepatan yang disediakan oleh masing-masing band. Pita 2,4 GHz menyediakan jangkauan pada rentang yang lebih jauh tetapi mentransmisikan data dengan kecepatan lebih lambat, sedangkan pita 5 GHz memberikan jangkauan sinyal yang lebih pendek tetapi dapat mentransmisikan data pada kecepatan lebih cepat. Karena itu, Anda bisa menghubungkan perangkat utama seperti laptop atau tablet ke band 5 GHz ketika ingin menggunakannya untuk bekerja atau belajar karena band 5 GHz cenderung memiliki traffic yang lebih rendah.

Tips 3: Gunakan QoS untuk meningkatkan manajemen lalu lintas Internet

Quality of Service, atau QoS, adalah fitur yang ada pada router Anda yang memungkinkan Anda untuk memprioritaskan lalu lintas ke perangkat tertentu atau untuk penggunaan tertentu. Tanpa mengaktifkan QoS, bandwidth dialokasikan ke berbagai layanan atau aplikasi sesuai kebutuhan. Ketika diaktifkan, penggunaan Internet seperti browsing, streaming, atau bermain game dapat diprioritaskan berdasarkan kebutuhan utama Anda. Dalam situasi Work from Home atau belajar dari jarak jauh, fitur ini dapat sangat membantu ketika Anda ingin memprioritaskan lalu lintas internet untuk penggunaan yang lebih penting seperti video conference calls atau streaming pelajaran.

Tips 4: Upgrade Perangkat Anda

Jika Anda belum mengupgrade router Anda belakangan ini, atau jika router Anda yang sekarang tidak dapat memenuhi kebutuhan WiFi Anda dengan baik, ini mungkin saatnya Anda mempertimbangkan untuk mengupgrade perangkat Anda. Dengan teknologi WiFi yang lebih baru, Anda dapat lebih memaksimalkan WiFi yang Anda miliki saat ini. WiFi 6, standar WiFi terbaru, dirancang untuk menangani perangkat di rumah Anda yang semakin bertambah banyak. Router dengan teknologi WiFi 6 lebih mampu menangani kebutuhan bandwidth, kecepatan, dan kinerja untuk beberapa laptop dan tablet yang digunakan pada saat yang bersamaan. Untuk cakupan WiFi secara keseluruhan, Sistem Mesh WiFi seperti Orbi sangat ideal untuk menjangkau setiap inci rumah Anda dengan WiFi. Ini memungkinkan Anda untuk dapat bekerja atau belajar dari mana saja yang Anda suka di rumah Anda. Jika router atau gateway Anda yang ada sudah berfungsi cukup baik namun tidak memberikan jangkauan yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan Nighthawk Mesh WiFi Extender untuk membangun jaringan Mesh dengan perangkat yang sudah ada. Ini akan membantu memperluas jangkauan WiFi Anda saat ini ke area rumah Anda yang paling membutuhkan WiFi.

Tips 5: Gunakan koneksi kabel bila memungkinkan

Menghubungkan komputer atau laptop ke router Anda melalui kabel ethernet akan memberikan koneksi yang paling cepat dan handal. Kami sangat menyarankannya jika Anda mampu melakukannya. Dengan memasang kabel pada komputer kerja atau laptop yang digunakan untuk belajar, Anda akan menikmati koneksi yang lebih andal dan stabil. Selain itu, ini akan mengurangi perangkat yang perlu terhubung ke WiFi.

Apakah Anda punya tips lain untuk ditambahkan? Tinggalkan komentar dan beri tahu kami apa yang Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kinerja WiFi Anda untuk mendukung Work from Home atau pembelajaran jarak jauh Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara untuk memaksimalkan konektivitas WiFi Anda saat Work from Home, hubungi kami di: (+62 21) 569 43 644 / WA. +62 21 56943644 / support@igsolusi.com.
Artikel ini disadur dari: https://blog.netgear.com/blog/tips-to-improve-wifi-connectivity-while-working-from-home/


Share this post:

0 Comments