Article

Studi Kasus Ubud Wana Resort

by Nov 11, 2020 Article 0 comments

“Dalam perhotelan, komunikasi merupakan kunci utama untuk memastikan kelancaran operasional. Dengan stabilitas koneksi WiFi yang diberikan oleh RT2600ac dan MR2200ac, staf kami dapat selalu terhubung dengan internet di mana pun mereka berada. Komunikasi yang solid ini memudahkan kami untuk selalu fokus dalam memberikan layanan terbaik kepada tamu kami.”

Ryan Rianto, Director

Tentang Perusahaan

Ubud Wana Resort adalah hotel bintang 4 yang menawarkan kemewahan bagi wisatawan untuk bersantai di Ubud, Bali. Dengan total luas resort mencakup 5,000 meter persegi serta memiliki 73 kamar dengan pemandangan unik, Ubud Wana Resort menyediakan tempat ideal bagi para wisatawan yang mencari ketenangan.

Tantangan yang Dihadapi

Dalam lingkungan hotel yang sibuk, koneksi internet yang stabil sangat penting untuk menjaga komunikasi dan produktivitas yang efisien.

Jaringan WiFi yang digunakan Ubud Wana Resort sebelumnya sering terputus dan tidak dapat tersambungkan secara otomatis pada titik akses terdekat. Koneksi yang lambat dan tidak stabil ini menyebabkan kinerja serta layanan untuk para tamu resort kurang maksimal akibat komunikasi dan akses pada sistem internal terhambat.

Ditambah dengan sistem yang kompleksitasnya tinggi dan rumit sehingga membutuhkan setidaknya satu orang TI profesional yang selalu siap siaga di hotel agar dapat memastikan sistem beroperasi dengan lancar.

Selain itu, untuk mematuhi hukum TI Indonesia yang melarang akses ke situs web tertentu, pihak resort wajib memiliki mekanisme keamanan internet yang memadai. Akan tetapi, karena tidak tersedianya fitur keamanan di sistem yang lama menyebabkan tim TI harus memblokir situs-situs web tersebut secara manual dan hal ini memakan banyak waktu dan tenaga.

Ubud Wana Resort membutuhkan solusi otomatisasi yang dapat memberikan jangkauan nirkabel yang kuat di semua area resort, perlindungan terhadap serangan cyber, serta memiliki kemampuan untuk memblokir situs web tanpa perlu adanya TI profesional yang harus memantau 24 jam setiap harinya.

Solusi yang Diambil

Ubud Wana Resort menggunakan Synology RT2600ac sebagai router utama dengan enam unit MR2200ac yang tersebar di berbagai lokasi strategis. Semua unit wireless ini kemudian dikonfigurasikan menjadi jaringan WiFi mesh tunggal yang dapat memberikan jangkauan yang kuat di seluruh area resort.

Konektivitas yang cepat dan stabil

RT2600ac memberikan basis yang kuat dalam infrastruktur WiFi dengan sistem nirkabel quad-stream dan dual-band, yang memiliki total bandwidth hingga 2.53 Gbps. Dengan penggabungan enam unit tri-band MR2200ac, jangkauan WiFi berhasil diperluas secara signifikan. Semua unit WiFi ini membentuk hotspot WiFi tunggal yang dapat menyederhanakan konektivitas. Dukungan untuk 802.11k/v/r dan band-steering juga berperan penting dalam memberikan roaming yang lebih lancar serta cepat, sehingga dapat memastikan koneksi yang optimal.

Perlindungan tingkat bisnis

Dengan fitur Threat Prevention dan Safe Access bawaan router Synology, Ubud Wana Resort dapat memastikan jaringan selalu aman. Threat Prevention melindungi jaringan dari ribuan serangan cyber dengan memantau aktivitas traffic serta otomatis memblokir serangan berbahaya yang masuk, sementara fitur web-filtering dalam Safe Access membantu memblokir situs web yang dilarang.

Mudah dipelajari

“Tidak semua staf TI memiliki sertifikasi untuk mengoperasikan perangkat jaringan yang kompleks. Kami sangat terbantu dengan sistem operasi Synology Router Manager (SRM) yang mudah digunakan sehingga sekarang siapa saja dapat mengelola jaringan hanya dengan pelatihan yang minimal,” ujar Ryan Rianto.

Dengan menggunakan Synology RT2600ac dan MR2200ac, Ubud Wana Resort berhasil membangun jaringan Wi-Fi mesh yang andal dan efisien sehingga para staf dapat berkomunikasi tanpa gangguan serta mengakses data penting dalam jaringan yang aman.

Recommended Models:

RT2600ac

MR2200ac x 6

Fitur yang direkomendasikan:

  • Jaringan WiFi yang cepat, stabil dan efisien.
  • Perlindungan tingkat bisnis dengan Safe Access dan Threat Prevention.
  • Pengelolaan mudah dengan Synology Router Manager (SRM).

Produk dan solusi ini telah tersedia di PT. Integra Global Solusi, Authorized Distributor dan Service Provider Synology di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di: (+62 21) 569 43 644 / WA. +62 21 56943644 / support@igsolusi.com.


Share this post:

0 Comments