Product
Review

Review Synology DS418j: NAS Rumahan dengan Empat Slot HDD

by Feb 10, 2020 Product Review 0 comments

Mobitekno –  Media penyimpanan berbasis jaringan kini tak hanya dibutuhkan oleh kalangan korporat, tetapi juga UKM, perkantoran, bahkan pengguna rumahan sekalipun. Perangkat bernama Network-attached Storage (NAS) adalah salah satu solusinya.

Sebagai salah satu dari seri j, DS418j sendiri merupakan salah satu NAS keluaran Synology yang dirancang untuk segmen UKM dan pengguna rumahan. Hadirnya prosesor dual-core 1,4 GHz Realtek RTD1293 membuatnya lebih lebih bertenaga ketimbang NAS rumahan kelas entry. Hal tersebut juga ditunjang dengan RAM DDR4 berkapasitas 1 GB.

Berbekal empat buah drive bay, NAS ini mampu menampung empat media penyimpanan sekaligus, baik harddisk maupun SSD berbasis SATA yang berukuran 3,5 inci ataupun 2,5 inci. Masing-masing drive bay sendiri mampu menampung media penyimpanan berkapasitas 12 TB, oleh karenanya total kapasitas yang bisa didapatkan adalah 48 TB. Bagaimana desainnya? Fitur apa saja yang disajikan? Berikut review Synology DS418j selengkapnya.

Kelengkapan

Seperti NAS Synology pada umumnya, DS418j datang dengan menyertakan sebuah kabel LAN untuk mengoneksikannya dengan router.

Berikut paket penjualan Synology DS418j:

  1. Unit Synology DS418j
  2. Kartu Garansi
  3. Buku Manual
  4. Quick Installation Guide
  5. Kabel RJ-45 LAN
  6. Power Adapter
  7. Kabel Power

Desain

NAS berdimensi 18,4 cm x 16,8 cm x 23 cm ini dibalut dengan material baja berwarna hitam pada sisi luarnya. Agar tidak tetap stabil pada saat diletakkan, terdapat empat buah bantalan karet pada sisi bawahnya.

Pada sisi depannya, terdapat sebuah tombol power dan enam buah lampu indikator, yakni status, LAN, HDD 1, HDD 2, HDD 3, dan HDD 4. Lampu status bermanfaat untuk memberitahukan pengguna tentang status dari perangkat NAS. Sementara indikator LAN berfungsi memastikan bahwa perangkat sudah terkoneksi dengan jaringan.

Untuk model DS418j, Synology merancang empat buah slot drive bay yang bisa diakses melalui sisi belakang. Oleh karenanya, mereka menyematkan empat buah baut untuk mengencangkan tutup bodi pada sisi belakang. Sementara untuk membuang panas yang dihasilkan oleh harddisk yang terpasang, terdapat dua buah kipas berdiameter 8 cm.

Guna menunjang konektivitasnya, pada bagian bawah di sisi belakang dilengkapi dengan sebuah port RJ-45 untuk koneksi ethernet ke switch atau router serta dua buah port USB 3.0. Adanya port USB tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan NAS dengan harddisk eksternal, flashdisk, printer, dan lain-lain.

Sementara untuk mengembalikan konfigurasi NAS ke posisi awal, di samping port USB pun tersedia tombol reset. Agar tidak mudah tertekan secara tidak sengaja, tombol tersebut diletakkan sedikit ke dalam dan hanya bisa ditekan dengan menggunakan benda kecil seperti peniti atau jarum.

Fitur dan Performa

Berkat sistem operasi DiskStation Manager (DSM) versi 6, ‘wajah’ control panel Synology DS418j terasa mudah untuk digunakan oleh orang awam sekalipun. Setelah memasukkan username dan password, pengguna disuguhkan tampilan dashboard yang mirip dengan sistem operasi Mac OS.

Untuk menjalankan aplikasi yang sudah terinstall, pengguna bisa langsung mengaksesnya dari icon yang terpampang pada dashboard. Hal tersebut juga bisa dilakukan melalui tombol menu yang ada di taskbar pada sisi atas.

Sementara pada sisi kanannya, ada widget yang bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Melalui widget ini, pengguna bisa melihat berbagai kondisi NAS tanpa harus membuka menu setting.

Beberapa informasi yang ditampilkan pada widget di antaranya adalah kondisi ‘kesehatan’ dan kapasitas media penyimpanan, siapa saja yang sedang login, kecepatan uplink dan downlink, dan log event.

Jika masih ada aplikasi lain yang harus diinstall untuk menambah fungsionalitas NAS, sistem operasi yang berbasis Linux ini juga menyediakan “Package Center” yang berfungsi sebagai toko aplikasi.

Layaknya Play Store pada sistem operasi Android dan Apple Store pada iOS, ada berbagai aplikasi “Package Center” mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Performa

Berbekal prosesor dual-core Realtek RTD1293 berkecepatan 1,4 GHz dan RAM DDR4 berkapasitas 1 GB, performa yang dihasilkan cukup mumpuni untuk kebutuhan multimedia.

Dengan spesifikasi hardware tersebut, Synology DS418j masih cukup prima ketika diuji untuk memutar sebuah video beresolusi Full HD maupun file audio pada 5 perangkat yang berbeda secara bersamaan.

Pada saat diuji untuk memindahkan file sebesar 1 GB dari komputer ke NAS, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 7 menit 39 menit. Sebaliknya, dari NAS ke komputer menghabiskan waktu 7 menit 2 detik. Untuk pengujian pemindahan file ini, Mobitekno menggunakan dua buah hardisk WD Red 8TB dengan konfigurasi RAID 1.

Spesifikasi

Prosesor/CPURealtek RTD1293 (64 bit, dual-core 1,4 GHz)
RAM/Memori1 GB DDR4
Jumlah drive bay4 buah
PortUSB 3.0 x 2, RJ-45 x 1
Dimensi184 mm x 168 mm x 230 mm
Berat2.21 kg
Dukungan RAIDSynology Hybrid RAID, Basic, JBOD, RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6, dan RAID 10

Kesimpulan

Meski diposisikan sebagai NAS rumahan, Synology DS418j memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya cocok digunakan sebagai NAS untuk kalangan UKM. Pasalnya, ia memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni berkat hadirnya CPU dual-core 64-bit Realtek RTD1293 dan RAM DDR4 berkapasitas 1GB.

Dari sisi desain, Synology mengemas DS418j dengan bodi yang cukup premium berkat penggunaan baja yang cukup tebal pada sisi luarnya. Padahal, biasanya mereka masih menggunakan material plastik untuk bodi NAS dengan seri “j” atau yang biasa diposisikan sebagai produk untuk rumahan.

Hanya saja, port yang disediakannya terbilang minimalis, yakni dua buah port USB 3.0 dan RJ-45. Di samping itu, DS418j juga tak memiliki tombol copy yang biasanya bisa digunakan untuk memindahkan data dari flashdisk atau harddisk eksternal ke dalam NAS.

Review ini ditulis oleh: http://mobitekno.com/read/2018/17/01/review-synology-ds418j-nas-rumahan-dengan-empat-slot-hdd/6/

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini, dapat dilihat pada link asli produk: klik disini

atau hubungi kami di: (+62 21) 569 43 644 / WA. +62 21 56943644 / support@igsolusi.com.



Share this post:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.