Article

Praktik Backup Data Terbaik… Bagaimana?

by Jul 23, 2020 Article 0 comments

Kehilangan data sangat merugikan perusahaan karena value data tidak tergantikan.

Email perusahaan yang telah disusupi mengakibatkan ransomware mengunci sistem vital atau informasi pribadi,  kegagalan hardware dan software, bencana alam, dan risiko baru yang datang dengan tenaga kerja jarak jauh dapat mengakibatkan data Anda berada dalam bahaya. Semua risiko ini harus disadari dengan baik oleh orang yang bertanggung jawab atas keamanan data organisasinya. Untuk mengurangi risiko ini berarti Anda perlu mempersiapkan diri sebelum bencana terjadi tentang bagaimana cara menghadapinya.

Untuk itu, bagi kita yang terlibat dengan IT sebaiknya menyimpan backup data di beberapa tempat yang berbeda dengan media penyimpanan yang berbeda. Dengan risiko yang lebih besar saat ini, aturan yang 3-2-2 adalah yang terbaik.

Berikut ini adalah bagimana aturan 3-2-2 berjalan:

  • Simpan 3 salinan backup Anda di tempat yang berbeda.
  • Simpan 2 salinan backup secara local pada perangkat yang berbeda.
  • Simpan 2 salinan di offsite (1 salinan di lokasi remot + 1 salinan di cloud)

Seringkali, jika dua perangkat di mana Anda menyimpan salinan local Anda tersimpan di tempat / gedung yang sama, keduanya akan terkena dampak jika terjadi bencana. Itulah kenapa pentingnya mereplikasi data ke tempat penyimpanan data yang berbeda tempat secara terus-menerus dan berkelanjutan sehingga data Anda akan terlindungi dan resiko bisa diminimalkan.  StorageCraft ShadowXafe merupakan software perlindungan data yang menyederhanakan dan melakukan proses ini secara otomatis.

Alasan lain mengapa aturan 3-2-2 sangatlah penting adalah meskipun Anda yakin tidak akan terkena bencana seperti kebakaran, Anda bisa saja mengalami bencana lainnya seperti: banjir, pencurian, lonjakan daya, atau serangan dari cybercriminal yang membahayakan data Anda. Mereplikasi data Anda ke tempat offsite dan cloud akan membantu mengurangi resiko tersebut.

Persiapkan diri anda terhadap bencana berarti mencurahkan waktu dan sumber daya untuk mempersiapkan dan menguji pemulihan data. Jangan menunggu sampai bencana tiba karena  tidak ada organisasi yang mampu menunggu sampai setelah ada masalah untuk mengambil tindakan. Ambil tindakan sekarang dengan mempelajari lebih lanjut tentang solusi backup dan disaster recovery yang didesain khusus sesuai dengan organisasi Anda dengan StorageCraft.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi backup dan recovery serta bagaimana produk-produk StorageCraft dapat membantu Anda, hubungi kami di: (+62 21) 569 43 644 / WA. +62 21 56943644 / support@igsolusi.com.


Share this post:

0 Comments