Product
Review

Netgear Orbi Pro, WiFi System yang Ideal untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)

by Mar 5, 2020 Product Review 0 comments

Bicara tentang kenyataan, jaringan wireless mungkin bukan skala prioritas. Namun hal ini merupakan menjadi penting jika Anda ingin menjalankan bisnis yang mengandalkan akses ke internet untuk mencari nafkah. Berikut ada alasan mengapa memiliki jaringan wireless yang handal dan kuat untuk bisnis – dan rumah- yang dapat bekerja 24 jam dalam seminggu, tanpa perlu memanggil teknisi jaringan/ orang IT setiap minggunya, penting untuk Anda.

Saya sedang mencari jaringan wireless mesh baru yang profesional dan terjangkau dari Netgear. Merek yang namanya sudah terkenal dalam dunia jaringan dan sudah ada sejak awal WiFi ini, masih menguasai sebagian besar pasar jaringan meskipun meningkatnya persaingan dari barang-barang Cina yang harganya sangat agresif belakangan ini. Saya ingat bahwa router WiFi pertama saya adalah merek Netgear dan itu sudah hampir 20 tahun yang lalu.

Netgear Orbi Pro Business Wireless System dirancang untuk bisnis kecil dan menengah (UKM) yang menginginkan jangkauan wireless komprehensif yang dapat mengatasi banyak pengguna dan menyediakan beberapa fitur khusus yang tidak dapat Anda temukan pada barang-barang wireless skala konsumen. Karena alasan ini, Netgear Orbi Pro Business Wireless System dijual dengan harga dua atau tiga kali lipat dari harga consumer mesh network lain yang lebih murah, tetapi saya akan membahas alasan mengapa sebagai bisnis, Anda sebaiknya memilih instalasi yang lebih professional untuk kantor Anda.

Pertama, Orbi Pro adalah sistem yang dibangun dengan sangat baik dengan satelit yang jauh lebih kuat daripada kebanyakan produk yang ada di pasaran. Unit Orbi Pro juga lebih besar dari kebanyakan unit skala konsumen dan memiliki bentuk yang jauh lebih menarik dengan tampilan LED status yang keren untuk menunjukkan status setiap access pointnya. Setiap unit dirancang untuk masa pakai yang lama dan Netgear juga memiliki reputasi yang baik karena selalu mengeluarkan pembaruan firmware tepat waktu untuk menjaga perangkat Anda tetap up to date.

Kedua, Netgear Orbi Pro kompatibel dengan PoE switch. PoE adalah singkatan dari Power over Ethernet. Ini adalah cara untuk memberikan daya untuk satelit dengan menggunakan kabel Ethernet. Dengan PoE, Anda tidak memerlukan power supply untuk memberi daya ke setiap perangkat, meskipun Netgear menyediakan power supply untuk pengguna yang tidak memiliki atau ingin menggunakan PoE atau yang ingin menggunakan sistem wireless seutuhnya.

Menggunakan Ethernet pada Orbi Pro tidak hanya berfungsi untuk memasok tegangan untuk memberi daya pada wireless access point, tetapi juga dapat berfungsi sebagai backhaul data berkecepatan tinggi untuk membawa sinyal data kembali dari satellite Orbi ke master router. Jika Anda memang menggunakan backhaul Ethernet, sistem Orbi Pro cukup pintar untuk mengarahkan kembali kapasitas backhaul ke front end, yang berarti Anda dapat memiliki lebih banyak pengguna nirkabel dengan kecepatan mengunduh yang lebih cepat.

Fungsi PoE juga ideal ketika Anda ingin memasang satelit jauh dari router utama di mana mungkin ada serangkaian dinding tebal yang dapat menghalangi atau menghambat sinyal WiFi.

Namun, bagi sebagian besar pengguna, Orbi Pro dapat diatur sebagai jaringan mesh wireless mandiri yang berarti semua satelit Orbi yang ada di dalam jaringan menggunakan SSID (nama jaringan) yang sama. Ini berarti bahwa perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Internet – apakah itu laptop, tablet atau smartphone – akan mengunci sinyal WiFi terkuat di jaringan Orbi Pro dan memberi Anda kebebasan untuk berkeliaran di sekitar kantor sesuka hati. Saat Anda berjalan-jalan, sinyal pada perangkat Anda akan secara otomatis diarahkan ke satelit Orbi Pro mana pun yang dapat mengirimkannya sinyal terkuat. Ini berarti kemana pun Anda pergi, Anda akan mendapatkan sinyal WiFi yang kuat dan cepat, asalkan Anda memasang unit satelit yang cukup. Unit Orbi Pro berfungsi sebagai jaringan mesh dengan fungsi daisy-chain yang memberikan kecepatan WiFi lebih cepat.

Orbi Pro hadir dalam dua bentuk: unit utama dan satelit. Unit utama berfungsi sebagai router dan wireless access point. Ini adalah unit utama yang Anda gunakan untuk menghubungkan kabel dari modem broadband untuk mengirimkan sinyal Internet dari dunia luar. Router Orbi Pro kemudian mengambil alih sebagai konduktor data, membagi-bagikan sinyal WiFi ke satelit Orbi Pro di jaringan mesh Anda. Jaringan Orbi Pro dapat menampung hingga enam unit satelit dan itu seharusnya cukup untuk mengatasi kantor terbesar hingga seluas 10.000 kaki persegi atau 930 meter persegi. Setiap jaringan Orbi Pro dapat memiliki hingga empat SSID terpisah dalam satu jaringan, termasuk jaringan khusus untuk tamu (Guest Network) dengan landing pagenya sendiri yang dapat diberikan logo/brand dan disesuaikan dengan identitas perusahaan Anda. Faktanya, semua SSID dapat memiliki landing pagenya sendiri sehingga Anda dapat memiliki jaringan WiFi terpisah untuk setiap departemen yang berbeda. Jaringan khusus untuk tamu dapat dipisahkan dari jaringan lain sehingga tamu tidak dapat melihat-lihat perangkat dan file data Anda. Anda bahkan dapat menunjuk salah satu SSID untuk bekerja secara eksklusif dengan perangkat IoT seperti kamera CCTV wireless.

Netgear Orbi Pro Business Wireless System dilengkapi dengan satu unit router utama dengan bagian atas berwarna abu-abu, dan satu unit satelit dengan bagian atas berwarna biru. Satelit tambahan dapat ditambahkan ketika Anda membutuhkannya. Selain menawarkan AC3000 Tri-Band WiFi, masing-masing unit juga mencakup empat port gigabit Ethernet (tiga port dan satu WAN pada unit utama) untuk desktop, printer, atau perangkat lain yang memerlukan hardwiring, yang membutuhkan koneksi Ethernet.

Router Orbi Pro dan unit satelit dapat dipasang di dinding. Perlengkapan khusus untuk pemasangan di dinding telah disediakan di dalam kotak. Anda juga dapat memilih untuk memajang Orbi Pro berdiri bebas di rak atau meja. Seperti yang telah disebutkan, unit dapat bekerja menggunakan Power-over-Ethernet yang berarti mereka dapat diposisikan hampir di mana saja yang dapat dijangkau oleh kabel Ethernet, bahkan di daerah di mana tidak ada soket daya. Semua Pro Orbi dapat dikelola dari jarak jauh sehingga setelah diinstal, Anda tidak perlu menyentuhnya lagi.

Untuk melakukan setting jaringan Orbi Pro tidak memerlukan pengalaman di bidang IT. Cukup colokkan adaptor daya ke unit utama – atau sambungkan ke sakelar jaringan PoE – dan nyalakan. Kemudian sambungkan koneksi Internet ke port Ethernet kuning bertanda WAN (Wide Area Network) dan selesailah untuk unit utama. Sekarang, letakkan unit satelit di mana pun Anda inginkan dan ikuti instruksi yang ditunjukkan di aplikasi Orbi yang dapat diunduh gratis, yang tersedia di Android dan iOS. Itu saja. Ini tidak akan memakan waktu lebih dari lima atau sepuluh menit untuk memulai.

Setelah jaringan menyala, Anda dapat menggunakan aplikasi Netgear Orbi atau masuk ke unit utama untuk mengonfigurasi jaringan, mengubah nama, dan kata sandi SSID sesuai dengan yang Anda inginkan. Saya juga menyarankan untuk mengganti nama administrator dan kata sandi karena standar “admin” dan “password” agak terlalu mudah untuk diretas. Dengan nama pengguna dan kata sandi administrator yang lebih aman, pengaturan utama akan lebih aman dari peretas. Aplikasi ini juga dapat menampilkan apakah Satelit diposisikan terlalu dekat atau terlalu jauh dari unit utama. Anda bahkan dapat memindai kode QR yang tercetak pada setiap unit Orbi Pro menggunakan smartphone dan itu akan membantu Anda untuk mengatur dan mendaftarkan perangkat ke jaringan dengan lebih mudah.

Hal pertama yang saya sadari tentang Orbi Pro adalah kekuatan dan kecepatan sinyal WiFinya. Sistem Orbi Pro memiliki 6 antena berkinerja tinggi yang didukung dengan amplifier daya tinggi. Sinyal tersedia di frekuensi 2,4 dan 5GHz dengan akurasi tinggi. Sistem ini juga menggunakan MU-MIMO (Multiple User – Multiple Input dan Multiple Output) yang berarti mampu melayani data ke beberapa perangkat secara bersamaan. Ini benar-benar mempercepat throughput data dan membantu sistem mengatasi banyak pengguna tanpa mempengaruhi kecepatan.

Dengan menggunakan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz secara bersamaan, Orbi Pro dapat menghadirkan sinyal nirkabel 3-gigabit yang kuat dan cepat. Ada juga sinyal WiFi 5 GHz terpisah yang berfungsi sebagai backhaul data utama yang menghubungkan unit satelit ke router utama. Seperti yang telah saya sebutkan, Orbi Pro juga mendukung backhaul Ethernet, jadi jika Anda memiliki jaringan Ethernet yang sudah terpasang di kantor Anda, itu akan membantu kecepatan data, terutama di gedung-gedung berdinding tebal. Koneksi internet rumah saya mencapai 75 Mbps dan sinyal WiFi Orbi Pro memberi saya kecepatan 74,5 Mbps untuk download. Itu kecepatan tercepat yang pernah saya capai melalui WiFi. Built-in Wi-Fi router VDSL broadband saya hanya dapat mengelola 61 Mbps yang lamban.

Menjaga sistem Orbi Pro tetap up to date sangatlah mudah jika Anda menggunakan aplikasi Orbi. Anda juga dapat berlangganan Netgear Insight yang menawarkan manajemen berbasis cloud dari jaringan perusahaan sehingga Anda dapat mengatur dan mengelola jaringan networking dari mana saja. Ini adalah solusi ideal jika bisnis Anda memiliki lebih dari satu kantor atau lokasi. Anda dapat menggunakan Insight untuk mengkonfigurasi sistem Orbi Pro sebelum mengirimnya ke kantor jarak jauh yang hanya perlu dicolokkan dan terhubung ke Internet. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang manajemen jaringan berkemampuan cloud dalam fitur terbaru yang saya tulis. Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik di sini.

Kesimpulan:

Sistem mesh Orbi Pro adalah produk yang dibuat dengan sangat baik yang menawarkan kecepatan WiFi yang sangat cepat dan proses pengaturan yang sangat mudah. Meskipun Netgear Orbi Pro lebih mahal daripada consumer mesh network lain yang ada di pasaran, akan terbayarkan dalam waktu yang relatif singkat karena gangguan layanan yang berkurang dan dapat berfungsi untuk waktu yang lama tanpa masalah. Dengan dimasukkannya backhaul PoE dan Ethernet menjadikan Orbi Pro pilihan yang baik untuk bisnis apa pun yang membutuhkan jangkauan wireless yang komprehensif dan jaringan yang dapat diperluas dengan unit satelit tambahan. Bahkan ada satelit yang tahan air untuk digunakan di luar ruangan atau di bengkel, ditambah versi yang dapat dipasang di langit-langit untuk memberikan cakupan 360 derajat. Netgear Orbi Pro Wireless Business System adalah jaringan mesh wireless yang cocok untuk UKM yang sedang mencari solusi untuk jaringan WiFi yang andal, cepat, dan aman dengan jaminan keamanan tinggi dan dukungan pelanggan yang baik.

Info lebih lanjut: https://www.netgear.com/orbi-pro/

Spesifikasi:

Orbi AC3000 Router dan AC3000 Satellite.

Wi-Fi Tri-band simultan.

Radio 1: support IEEE 802.11b / g / n 2.4GHz – 256QAM.

Radio 2: support IEEE 802.11a / n / ac 5GHz – 256QAM.

Radio 3: support IEEE 802.11a / n / ac 5GHz – 256QAM.

6 antena berkinerja tinggi dengan amplifier daya tinggi.

Beamforming Implisit / Eksplisit untuk pita 2,4 & 5GHz (1,733 + 866 + 400Mbps).

MU-MIMO mampu melakukan streaming data secara simultan ke beberapa perangkat.

Empat (4) port Gigabit Ethernet 10/100 / 1000Mbps.

1 WAN & 3 LAN untuk Router.

4 LAN untuk Satelit.

Keamanan: WPA / WPA2-PSK mendukung 3 jaringan nirkabel.

Dimensi: 6,8 x 3,3 x 9,7 inci / 174 x 85 x 247 mm.

Berat: masing-masing 2,06 lb / 930 g.

Source: https://www.forbes.com/sites/marksparrow/2020/03/02/netgear-orbi-pro-is-the-ideal-wi-fi-system-for-small-and-medium-enterprises/#348afbd5f619

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini, dapat klik disini atau hubungi kami di: (+62 21) 569 43 644 / WA. +62 21 56943644 / support@igsolusi.com.


Share this post:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.