Article

Apakah Whole Home Mesh WiFi itu?

by Mar 17, 2020 Article 0 comments

Saat ini, Mesh WiFi sangat populer karena dapat menciptakan jaringan untuk rumah secara keseluruhan. Telah lewat masanya ketika kita harus tetap berada sedekat mungkin dengan router untuk mendapatkan WiFi terbaik dan tercepat, dan jika jauh kita akan menderita karena dead zone / area yang tidak terjangkau WiFi seperti di ruang belakang. Dengan Mesh WiFi, Anda dapat benar-benar menikmati jangkauan di setiap kamar dan setiap sudut rumah Anda.

Tapi apa sebenarnya Mesh WiFi itu dan apa bedanya dengan router tradisional Anda? Di sini, kami memberi Anda penjelasan tentang cara kerja Mesh WiFi, idelnya untuk apa, dan apa bedanya dengan router dan WiFi ekstender.

Apakah Whole Home Mesh WiFi itu?

Secara tradisional, kebanyakan orang memposisikan routernya di lokasi yang kurang ideal, seperti diletakkan di salah satu ujung rumah. Ini berarti ujung lainnya akan memiliki WiFi yang buruk. Idealnya, jika Anda menempatkan router tepat di tengah-tengah rumah Anda, WiFi Anda akan dapat didistribusikan secara merata di seluruh rumah Anda, tetapi dalam kenyataannya, kadang-kadang situasi ini tidak memungkinkan.

Dengan Mesh WiFi, router dipasangkan dengan satu atau lebih satelit yang dapat ditempatkan di seluruh rumah Anda. Satelit-satelit ini akan mengambil sinyal router dan memperkuatnya lebih jauh untuk seluruh rumah Anda, memastikan Anda mendapatkan lebih banyak cakupan WiFi di area yang paling Anda butuhkan. Dengan menggunakan jaringan wireless/SSID tunggal, mesh WiFi memungkinkan Anda menikmati roaming/perpindahan yang mulus di seluruh rumah Anda tanpa harus berpindah jaringan/SSID secara manual.

Mesh WiFi idealnya untuk apa?

Ukuran rumah dan lokasi router dapat membuat Anda sulit untuk mendapatkan cakupan penuh di seluruh ruang Anda. Selain itu, tata letak rumah, dinding, dan jumlah lantai di rumah Anda juga ikut berperan. Dengan sistem Mesh WiFi seperti Orbi, Anda dapat menjangkau hingga 5.000 sq. ft atau sekitar 350 meter persegi dengan beberapa satelit, yang pada akhirnya dapat menghilangkan zona mati WiFi. Ini berarti Anda dapat menikmati pengalaman WiFi yang benar-benar lengkap yang memungkinkan roaming tanpa gangguan, lebih banyak streaming Netflix atau Spotify, dengan kecepatan WiFi yang lebih cepat di rumah Anda.

Apa Perbedaan Antara Orbi dan Mesh WiFi System Lainnya?

Ketika Orbi dan Mesh WiFi System lainnya bekerja dengan cara yang sama, salah satu keunggulan utama Orbi adalah penggunaan teknologi Tri-band. Teknologi ini memungkinkan Orbi untuk memiliki backhaul wireless khusus antara router dan satelit yang dapat memaksimalkan kecepatan WiFi untuk streaming 4K dan koneksi ke beberapa perangkat di seluruh rumah Anda secara bersamaan (MU-MIMO).

Dengan Orbi WiFi 6, Anda akan mendapatkan kombinasi dari teknologi yang sudah memenangkan penghargaan yang dipasangkan dengan standar wireless terbaru, 802.11ax (WiFi 6). Pelengkap sempurna untuk Smart Home yang sedang trending saat ini. Orbi WiFi 6 dirancang untuk mendapatkan kecepatan internet Gigabit tercepat dengan kapasitas 4X lipat untuk semua perangkat yang ada rumah Anda.

Apa Perbedaan antara Mesh WiFi Systems dan WiFi Extenders?

Sebelum adanya Mesh WiFi, WiFi Range Extenders adalah solusi alternatif untuk membantu memperluas jangkauan router. Sementara WiFi Extenders membuat jaringan terpisah untuk perangkat apa pun yang terhubung di luar jaringan router utama, WiFi mesh menggunakan satu SSID/ nama jaringan. Setiap kali perangkat berada di luar jangkauan router dan diperlukan untuk terhubung ke jaringan Range Extender, pengguna akan sering mengalami koneksi yang terputus karena perangkat mereka akan mencoba membangun kembali koneksi ke jaringan baru. Selain itu, Range Extender yang katanya dapat memperluas jangkauan router lebih jauh, sebenarnya memiliki kinerja WiFi yang akan terpotong dua sehingga biasanya menghasilkan kecepatan yang lebih lambat dan memiliki masalah di konektivitas.

Untuk menghilangkan kerugian yang diakibatkan dari kekurangan yang dimiliki oleh WiFi Extender tradisional, NETGEAR membuat series Nighthawk Mesh Extenders. Mirip seperti WiFi Extender, Nighthawk Mesh memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan dari WiFi router yang ada, tetapi dengan penambahan teknologi Tri-band, Anda dapat membuat Whole Home Mesh WiFi untuk jaringan yang sudah ada. Seperti Mesh WiFi System, Anda akan mendapat manfaat yaitu satu nama jaringan/SSID, cakupan ke seluruh rumah, roaming tanpa batas, dan jangkauan WiFi yang lebih cepat..


Share this post:

0 Comments