Info Komputer 02-July-2014

Synology RS814 : Untuk Ekspansi Bisnis Anda

Sebuah bisnis skala kecil atau menengah yang beranjak besar umumnya akan melakukan beberapa perubahan untuk menunjang pertumbuhan bisnisnya. Bisnis yang makin bertumbuh dan volume transaksi yang makin banyak setiap harinya tentunya akan berefek pada jumlah data yang makin besar yang harus diolah dan disimpan.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya sebuah bisnis dengan skala menengah membutuhkan sebuah media simpan berskala besar untuk mengolah, menyimpan, serta membuat cadangan dari beragam arsip yang dihasilkan. Penggunaan network attached storage (NAS) tentunya bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Pilihannya pun beragam, ada yang berskala kecil dengan bentuk desktop yang bisa diletakkan di meja, ada pula yang ditujukan untuk skala yang lebih besar dan memiliki bentuk mengikuti standar rackmount, seperti Synology RS814 yang kami uji kali ini.

Synology RS814 ini merupakan salah satu NAS yang baru diluncurkan oleh Synology beberapa waktu yang lalu. NAS ini memiliki desain yang besar dan gagah. Maklum saja, NAS ini memiliki ukuran standar rackmount 1U. Jika Anda memiliki sebuah rak server di tempat Anda, atau menyewa jasa colocation di sebuah data center, Anda bisa memasangkan NAS ini di rak server Anda, berdampingan dengan server atau pun perangkat lain.

Produk keluaran Synology ini bisa dibilang merupakan sebuah NAS entry-level untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan skala menengah ke atas. NAS ini menggunakan prosesor dual core dari Marvell. Prosesor berkecepatan 1,3 GHz ini dikombinasikan dengan memori RAM DDR3 berkapasitas 1 GB. Kombinasi pro-sesor dan memori tersebut diklaim sudah mampu mencukupi kebutuhan NAS ini.

Dalam kondisi standar, NAS Synology RS814 mampu menampung hingga empat unit hard disk. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kapasitas maksimal hingga 20 TB (apabila Anda menggunakan empat unit hard disk berkapasitas 5 TB yang baru saja hadir di pasaran). Kapasitas empat buah hard disk memang terasa biasa saja. Sebuah NAS desktop pun banyak yang mampu menampung hard disk sebanyak itu. Tapi, Synology memberikan kemungkinan ekspansi lebih besar lagi dengan menghadirkan perangkat tambahan yang disebut expansion unit. Expansion unit Synology RS814 ini adalah Synology RX410. Dengan menambahkan RX410 ini, Anda bisa mendapatkan empat ruang hard disk tambahan sehingga Anda bisa mendapatkan kapasitas hard disk maksimal hingga 40 TB. Namun, tentunya hal ini tergantung dari konfigurasi...


Baca Selengkapnya Disini