IGS / Event
Event

Membangun Rumah Pintar bersama Netgear dan Synology 01-April-2018


Tahukah kamu apa itu IoT ? IoT adalah singkatan dari Internet of Things. Secara sederhana saya mengartikan IoT sebagai kumpulan perangkat yang dapat saling terhubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Biasanya penghubungnya adalah jaringan internet.

Berdasarkan data yang kami dapatkan. Jumlah perangkat IoT menunjukkan perkembangan dari tahun ke tahun.

Kini, IoT telah banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja lampu, kulkas, TV, kunci pintu, dan berbagai macam perangkat lainnya.

Bertepatan dengan hal itu, pada 27 Maret 2018 kemarin. Juru Review berkesempatan diundang oleh PT. Integra Global Solusi. IGS sendiri adalah distributor resmi untuk merek Netgear dan Synology di Indonesia. Bertempat di Novotel Jakarta Mangga Dua Square, IGS membuat acara bertema “Membangun Rumah Pintar (Smart Home) dengan Perangkat Wireless Terbaru dari Netgear dan Synology”.

Jadi, ada keseruan apa di event tersebut ? bersama Ono di sini. Berikut review eventnya.

Rumah Pintar (Smart Home)

Seperti yang telah saya jelaskan di atas. Perangkat IoT sekarang dapat kita temukan dalam keseharian kita. Contohnya lampu, kulkas, TV, kunci pintu dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa perangkat biasanya diberikan berbagai macam sensor. Sensor yang biasa ditanamkan antara lain sensor gerak, suara, bahwa sensor suhu. Selain itu, perangkat-perangkat tersebut dapat kita kendalikan dan awasi dari jarak jauh menggunakan jaringan internet. Pengendaliannya dapat dilakukan melalui smartphone, tablet, atau komputer.

Berbagai keunggulan itulah yang kemudian menjadikan perangkat rumah tangga yang biasa menjadi lebih pintar. Kumpulan perangkat tersebut kemudian saling terhubung dan menciptakan sebuah ekosistem yang disebut rumah pintar (smart home).

Mengingat internet adalah inti dari IoT maka kita perlu perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan jaringan internet yang cepat dan stabil. Maka, Netgear dan Synology hadir sebagai pendukung dari kebutuhan tersebut.

Netgear dan Synology

Dari presentasi yang disajikan kemarin, saya menyimpulkan bahwa Netgear adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi perangkat untuk kebutuhan jaringan komputer seperti Switch, WiFi Router, Wireless Access Point, Network Attached Storage, Hub, dan produk sejenisnya. Perusahaan ini mulai berdiri sejak 8 Januari 1996 yang berpusat di San Jose, California, Amerika Serikat.

Sedangkan Synology adalah perusahaan manufaktur yang dikenal sebagai pembuat NAS (Network Attached Storage) dan managemen data secara cloud. Berdiri sejak tahun 2000 yang berpusat di Taipei, Taiwan.



Selain mengembangkan hardware. Netgear dan Synology juga mengembangkan beberapa aplikasi. Beberapa diantaranya adalah Circle dan Netgear Insight app dari Netgear. Serta, Synology Moment dan Synology Drive dari Synology.

Pada kesempatan kemarin, sebenarnya banyak produk yang diperkenalkan, seperti Nighthawk X6S (EX8000) Tri-band WiFi Range Extender, Nighthawk AC 1900 WiFi USB Adapter, EX 7300 WiFi Range Extender, dan Nighthawk XR500 Gaming Router.

Selain itu terdapat pula beberapa produk sub brand dari Netgear, yaitu Orbi dan Arlo. Synology juga menghadirkan tipe-tipe NAS terbaru seperti DS718+, DS218+, dan DS918+

Dari banyaknya produk yang diperkenalkan. Kami menaruh perhatian pada dua produk dari Netgear. Orbi Pro dan Arlo Baby.

Orbi Pro dan Arlo Baby

Orbi Pro adalah sebuah router yang telah dilengkapi dengan extender dalam paket penjualannya. Extender tersebut kemudian disebut sebagai Satellite oleh Netgear.



Berbeda dengan extender biasa, Orbi menggunakan satu nama jaringan (SSID) untuk keseluruhan jaringan sehingga kita tidak perlu repot untuk mengganti nama jaringan setiap kita berpindah posisi. Algoritma yang ditanamkan pada Orbi mampu mendeteksi jarak terdekat antara device ke Router atau Satellite, agar menghasilkan koneksi yang paling optimal. Fitur Guest WiFi Network, menawarkan kemudahan dalam memberikan akses Internet terpisah dan aman untuk tamu yang sedang datang berkunjung ke tempat kita.

Untuk Orbi Pro SRK 60, perangkat tersebut dapat mengakomodir perangkat WiFi sampai dengan 50. Sehingga, perangkat ini rasanya akan cocok jika digunakan untuk kebutuhan yang relatif kecil seperti toko atau kantor kecil.

Setelah sedikit membahas Orbi Pro. Mari kita beralih ke Arlo Baby. Arlo Baby adalah salah satu produk dari sub brand Netgear, yaitu Arlo. Arlo Baby adalah sebuah kamera pemantau untuk bayi.

Untuk sebuah kamera pemantau bayi, Baby Arlo memberikan banyak fitur. Terdapat beberapa sensor seperti sensor gerak, suara, suhu, kualitas udara, dan kelembaban udara. Terdapat juga fitur two-way audio, baterai yang dapat diisi ulang, lampu malam, dan pemutar musik. Semua fitur tersebut dapat diatur melalui smartphone.

Untuk saat ini kami belum bisa berkomentar banyak mengenai produk-produk ini. Tapi, dari presentasi yang kami dapat. Kami rasanya cukup untuk dibuat yakin bahwa produk-produk ini bisa jadi pendukung yang baik dalam membangun sebuah rumah pintar (smart home).

Jadi, sudah siapkah anda membangun rumah pintar anda sendiri ? Jika iya. Maka, produk Netgear dan Synology sepertinya bisa menjadi pilihan untuk rencana anda tersebut.