About Hot Swap

Hotswap adalah penggantian hard drive, CD-ROM, power supply, atau perangkat lain dengan perangkat yang sama menggunakan sistem komputer dalam operasi tetap (kondisi menyala). Penggantian dapat karena kegagalan perangkat atau, untuk perangkat penyimpanan, untuk menggantikan data lainnya.

Dalam dunia super computing sangat bermanfaat sekali ketika kita mengalami error penyimpanan atau karena memory telah penuh, data sudah waktunya diganti dengan alat penyimpanan data yang baru, biasanya dipergunakan dalam penyimpanan data storage berkapasitas besar.

Hot swapping bekerja dengan menyediakan rak atau kandang untuk perangkat yang menyediakan tampilan untuk bus komputer atau I / O controller bahwa perangkat tersebut masih di sana sementara itu sedang dihapus / diganti / dibackup dengan perangkat lain. Sebuah pengaturan hot swap kadang-kadang disediakan di mana beberapa perangkat dibagi pada jaringan area lokal. Pengaturan hot swap dijual untuk kedua SCSI dan IDE hard drive. Versi hot swap dari array berlebihan dari perangkat independen (RAID) juga tersedia. Hotswap dipergunakan dalam pergantian hardisk baik SCSI atau IDE dan aplikasinya adalah RAID untuk jumlah perangkat keras.

Jadi pada intinya hotswap adalah untuk mempermudah dalam pergantian alur data atau untuk memperbaiki kesalahan aplikasi karena ada kecenderungan kelebihan beban kerja pada suatu alat penyimpanan, dan biasa dalam server berskala besar, dipergunakan pada Corporate level tinggi.

Sebagai contoh Email server, dimana user yang mendaftarkan sudah melebihi batas kemampuan server karena storage yang dipergunakan itu penuh, maka dari itu kita perlu menggantinya dengan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar kemudian kita setting sesuai dengan storage sebelumnya. Maka semua akan menjadi mudah dalam melakukan pekerjaan ini, karena kita tidak perlu mengganti sistem atau mengganti peralatan yang sudah penuh, tetapi kita menambah kapasitas atau kemampuan dan kinerja yang optimal.