IGS / Blog

Review Synology DS418j: NAS Rumahan dengan Empat Slot HDD Posted by Administrator on 13 February 2018

Media penyimpanan berbasis jaringan kini tak hanya dibutuhkan oleh kalangan korporat, tetapi juga UKM, perkantoran, bahkan pengguna rumahan sekalipun. Perangkat bernama Network-attached Storage (NAS) adalah salah satu solusinya.

Sebagai salah satu dari seri j, DS418j sendiri merupakan salah satu NAS keluaran Synology yang dirancang untuk segmen UKM dan pengguna rumahan. Hadirnya prosesor dual-core 1,4 GHz Realtek RTD1293 membuatnya lebih lebih bertenaga ketimbang NAS rumahan kelas entry. Hal tersebut juga ditunjang dengan RAM DDR4 berkapasitas 1 GB.

Berbekal empat buah drive bay, NAS ini mampu menampung empat media penyimpanan sekaligus, baik harddisk maupun SSD berbasis SATA yang berukuran 3,5 inci ataupun 2,5 inci. Masing-masing drive bay sendiri mampu menampung media penyimpanan berkapasitas 12 TB, oleh karenanya total kapasitas yang bisa didapatkan adalah 48 TB. Bagaimana desainnya? Fitur apa saja yang disajikan? Berikut review Synology DS418j selengkapnya.

Seperti NAS Synology pada umumnya, DS418j datang dengan menyertakan sebuah kabel LAN untuk mengoneksikannya dengan router.

Berikut paket penjualan Synology DS418j:

  • Unit Synology DS418j

  • Kartu Garansi

  • Buku Manual

  • Quick Installation Guide

  • Kabel RJ-45 LAN

  • Power Adapter

  • Kabel Power

Desain


NAS berdimensi 18,4 cm x 16,8 cm x 23 cm ini dibalut dengan material baja berwarna hitam pada sisi luarnya. Agar tidak tetap stabil pada saat diletakkan, terdapat empat buah bantalan karet pada sisi bawahnya.
Pada sisi depannya, terdapat sebuah tombol power dan enam buah lampu indikator, yakni status, LAN, HDD 1, HDD 2, HDD 3, dan HDD 4. Lampu status bermanfaat untuk memberitahukan pengguna tentang status dari perangkat NAS. Sementara indikator LAN berfungsi memastikan bahwa perangkat sudah terkoneksi dengan jaringan.
  


Tags:

0 Comments To "Review Synology DS418j: NAS Rumahan dengan Empat Slot HDD"

Leave Comment

Name
Email
Website URL
Comment
Enter the code shown above in the box below