Article

5 Alasan Teratas Kenapa Anda Perlu Membackup Data Office 365

by Feb 5, 2020 Article 0 comments

Saat ini, Microsoft Office 365 telah digunakan oleh banyak orang. Bahkan, baru-baru ini Microsoft melaporkan bahwa Office 365 memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif. Banyak dari pengguna tersebut mungkin mengira data mereka di Office 365 telah dibackup dengan aman di Cloud dan mudah untuk direcovery. Ternyata, mereka salah.

Tidak diragukan bahwa Office 365 memang menawarkan fitur yang hebat. Namun Office 365 didesign untuk mendukung produktifitas. Meskipun Microsoft telah menjamin 99,9% uptime produk mereka, bukan berarti bencana tidak akan terjadi. Permasalahannya bukan pada waktu uptime, tetapi integritas data Anda.

“Bukankah Microsoft telah mencadangkan data Office 365 saya?” Jawabannya iya. Tetapi jika Anda telusuri lebih jauh, Anda akan menemukan lima alasan penting bahwa Anda masih membutuhkan solusi backup dan recovery untuk Office 365. Salah satu dari alasan ini seharusnya memberikan Anda banyak motivasi untuk menambahkan solusi Backup dan Disaster Recovery (BDR) sehingga Anda dapat mengurangi dampak dari bencana yang datang. Mari kita lihat satu-persatu:

1. Setiap orang membuat kesalahan

Siapa yang menyangka akan secara tidak sengaja menimpa data yang sebenarnya masih sangat dibutuhkan? Apakah ada organisasi yang tidak pernah mengalami terhapusnya data karena kesalahan? Sayangnya, Microsoft tidak dapat membantu hal tersebut karena Office 365 tidak memungkinkan Anda untuk kembali ke lebih dari 30 hari sebelumnya untuk memulihkan file versi sebelumnya.

Itu sebabnya Anda membutuhkan solusi BDR untuk membuat beberapa backup harian otomatis secara incremental. Menyimpan backup sesering mungkin membuat Anda dapat kembali lagi ke hari pilihan Anda dan memulihkan semua atau sebagain data Anda yang hilang. Solusi dengan fitur penelusuran lanjutan dan pencarian akan memudahkan Anda untuk menemukan dan mengembalikan file yang dibackup. Dan setiap orang dapat bernafas dengan lega.

2. Terkadang Hacker menang

Organisasi Anda memiliki kemungkinan untuk terkena ransomware, virus, atau bentuk serangan lainnya. Jika berhasil, itu akan menjadi masalah besar untuk Anda. Meskipun Microsoft membackup data Anda, itu tidak menjamin dapat memulihkan data Anda yang sudah terkena. Bahkan jika Microsoft dapat membantu, Anda harus mengikuti jadwal mereka, bukan jadwal Anda.

Di sinilah solusi BDR berbasis cloud akan menyelamatkan Anda. Data backup Anda akan selalu dienkripsi dan tersimpan dengan aman. Dengan BDR juga, Anda dapat melakukan perbaikan secara instant. Anda akan siap dan running dalam waktu singkat setelah serangan terjadi.

3. Karyawan yang keluar dari perusahaan

Organisasi biasanya menonaktifkan akun Office 365 karyawan ketika mereka keluar dari perusahaan. Tetapi apa yang terjadi jika Anda memerlukan data atau email lama dari akun orang tersebut? Jika ini terjadi kurang dari 30 hari, tentu tidak masalah. Tetapi jika lebih dari 30 hari, ini akan menjadi masalah besar, – terutama setelah akun tersebut dihapus. Microsoft hanya menyimpan file-filenya hanya selama itu.

Dengan solusi BDR yang secara sering melakukan backup, data Office 365 akan selalu tersedia dan dapat diakses, baik Anda membutuhkan data itu selama berhari-hari atau bertahun-tahun. Dan solusi BDR berbasis Cloud benar-benar menambah nilai tambah karena Anda tidak akan pernah kehabisan ruang penyimpanan untuk backup.

Pertimbangkan juga solusi yang memungkinkan Anda mengatur, memantau, dan mengelola semua akun klien dari satu portal, tanpa harus masuk dan keluar dari setiap akun. Hal tersebut akan menghemat banyak waktu admin saat orang datang dan pergi. Tentunya, organisasi Anda akan terus berkembang.

4. Karyawan yang membalas dendam

Tidak semua karyawan merasa puas dengan organisasi. Faktanya, ada beberapa yang berbahaya. Jadi, apa yang akan terjadi ketika Anda menemukan mantan anggota tim Anda menghapus semua jenis file penting Office 365 sebelum mereka keluar dari organisasi? Microsoft tidak menjamin dapat mengembalikan file tersebut, dan jika perusahaan bisa, itu akan memakan waktu yang sangat lama.

Meskipun hampir tidak mungkin untuk mencegah karyawan yang tidak puas untuk menghapus file, memilih solusi untuk membuat cadangan yang tidak dapat dihapus atau diubah seharusnya masuk dalam list yang harus Anda miliki. Dengan begitu, tidak peduli seberapa besar kerusakan yang dibuat, semuanya dapat dikembalikan kembali.

5. Aplikasi yang dapat mendatangkan malapetaka

Organisasi menggunakan semua jenis aplikasi pihak ketiga untuk mendorong produktivitas dan mendukung operasi Office 365. Namun, terkadang integrasinya menjadi serba salah, dan integrasi tersebut menimpa data penting yang sudah ada. Bagaimana Anda memulihkan data-data tersebut? Masih belum ada jaminan apakah Anda akan mendapatkan kembali data Anda, meskipun dalam waktu 30 hari.

Sekali lagi, solusi yang tepat akan menyelamatkan Anda dengan cara backup ke cloud sesering mungkin sehingga memudahkan Anda untuk mengembalikan data dengan cepat, apapun yang terjadi.

Office 365 sangat popular untuk beberapa alasan yang bagus. Sayangnya, backup dan recovery bukan bagian dari mereka. Lengkapi Office 365 Anda dengan Solusi BDR dari StorageCraft yang mengatasi setiap masalah yang telah kami bahas diatas untuk mengurangi resiko Anda, semuanya berjalan tanpa membatasi manfaat yang diberikan Office 365. Anda dapat menghubungi kami untuk mencoba solusi ini di kantor Anda.


Share this post:

0 Comments